Jilbab Syar'i yang Seperti Apa, sih?

Assalamu'alaikum.. ^^

Sobat Muslim semua, Yuuna datang membawa bahasan mengenai jilbab syar'i nih. Semoga apa yang Yuuna bahas bisa bermanfaat untuk kalian semua. Amiin

Di tengah zaman modern yang penuh dengan budaya barat ini, tentu bermunculan beragam jenis fashion. Jilbab, tentunya juga merupakan salah satu bagian dari trend fashion dewasa ini. Tetapi sobat, yang Yuuna lihat belakangan ini merupakan fenomena jilbab atau kerudung gaul yang dikenal dengan istilah 'jilboobs'. Komunitas jilboobs, memang benar sudah menutup aurat mereka dari ujung kepala hingga ujung kaki. Namun, benarkah cara yang mereka lakukan?
Allah telah berfirman di dalam Al-Qur'an surah Al-Ahzab ayat 59 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi maha penyayang.”
Dari ayat diatas, diketahui bahwa memakai jilbab adalah wajib hukumnya. Dari mulai usia baligh, ketika segala amal perbuatan kita mulai dibukukan, memakai jilbab sudah menjadi wajib. Lalu, jilbab yang seperti apakah yang diridhoi oleh Allah SWT?
Dari firman Allah diatas, Allah memerintahkan kepada Nabi untuk mengatakan kepada istrinya, anak-anaknya, dan istri-istri orang mukmin untuk mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Maka diketahuilah, bahwa sanya jilbab adalah baju kurung yang menutupi seluruh tubuh kita dari leher hingga kaki.
Memang, sekarang ini banyak yang salah mendefinisikan antara jilbab dan kerudung. Sebagian besar masyarakat memandang jilbab dan kerudung adalah sama. Namun sejatinya berbeda.
Lalu, baju kurung atau gamis yang seperti apakah yang syar'i dimata Allah?
Nah, Yuuna mengutip gambar ini dari salah satu blog *lupa namanya*
Gambar di atas merupakan jilbab syar'i yang seusai dengan aturan Allah. Jilbab tidak boleh transparan, tidak boleh terlalu tipis, tidak boleh menampilkan lekukan tubuh, dan jika perlu tidak usah ada tali atau garis potongan kain di pinggang.
Nah sobat Muslim, sudah jelaskah? Setelah tahu ini, sobat Muslim semua wajib mengenakan jilbab yang syar'i. Hindarilah fenomena jiloobs, karena yang seperti sudah diketahui sebelumnya, itu adalah salah. Ayo kita bersama-sama memperbaiki iman dan islam kita!
Sob, Yuuna mohon undur diri.. Jika benar itu datangnya dari Allah, dan jika salah itu semata-mata datang dari pada Yuuna sendiri. Wabiilahi taufik wal hidayah. Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. :)

Comments

Popular posts from this blog

Menjadi Fujoshi, Halalkah?

Cara Berhenti Menjadi Fujoshi

Alasan Di Balik Menjadi Fujoshi Part I: They Are Cute, So I Ship Them